Inilah Cara Sehat dengan Ramuan Daun Belimbing

manfaat daun belimbing bagi kesehatan
Buah belimbing merupakan buah khas Indonesia. Warna hijau kekuningan ciri buah yang berbentuk bintang ini apabila dipotong. Meskipun tumbuh di daerah tropis, buah ini tidak memerlukan banyak sinar matahari. Buah yang menjadi icon Kota Depok ini mengandung banyak Vitamin C. Renyah apabila dimakan, menjadi salah satu buah wajib ada di makanan rujak. 

Demak merupakan sentra produksi buah belimbing yang terkenal, kota tersebut menghasilkan buah belimbing yang besar, berwarna kuning terang dan rasanya manis. Buah belimbing sering dibikin minuman jus, tetapi hindarilah mengkonsumsi jus buah belimbing jika anda bermasalah dengan ginjal karena mengandung asam oxalat. Jus belimbing lebih berbahaya karena konsentrasi asamnya yang lebih tinggi.Sama halnya dengan orang yang mempunyai kolesterol tinggi (penderita diabetes) dianjurkan untuk menghindari buah ini, karena kandungan gula dari buah belimbing yang begitu tinggi.

Dalam bidang kesehatan orang lebih mengenal buah belimbing daripada daun belimbing, padahal daun belimbing juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut ulasan fungsi daun belimbing bagi kesehatan:

1. Daun belimbing mampu mengobati cacar air
Konon setiap orang pernah mengalami yang namanya cacar air. Penyakit yang terjadi sekali seumur hidup ini sangat membuat resah bagi orang yang pernah mengalaminya. Ketika cacar air badan kita terasa panas, demam, dan sakit kepala. Untuk menggunakan daun belimbing sebagai obat cacar air adalah sebagai berikut:
- Rebus beberapa lembar daun belimbing
- Sisakan hingga satu gelas saja
- Minum secara teratur hingga semua gejala hilang atau reda

2. Daun belimbing mampu mengobati sakit kepala
Sakit kepala menganggu orang dalam beraktifitas, ketika berjalan kita merasa seolah-olah dunia berputar. Penyakit ini disebabkan karena tekanan pikiran, lelah, sakit bawaan, atau tekanan darah tinggi. Dengan meminum rebusan air daun belimbing maka bisa mengurangi rasa sakitnya dikarenakan daun belimbing bisa memberikan efek yang menyegarkan dan membuat reaksi khusus pada syaraf. 

3. Daun belimbing mampu mengobati penyakit kulit
Dengan menghaluskan beberapa helai daun belimbing kemudian menggoleskannya pada kulit yang sakit atau terkena infeksi jamur dan bakteri, maka sakit kulit yang disebabkan karena gangguan bakteri atau penyakit inflamasi, bisa disembuhkan dengan daun belimbing ini.
Daun belimbing terbukti mengandung manfaat senyawa flavanoid, etil asetat dan butanol. Ini adalah bahan-bahan yang sangat aktif untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

4. Daun belimbing mampu mengobati penyakit darah tinggi
Daun belimbing pun manjur untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu dengan cara:
- Ambil beberapa lembar daun belimbing yang masih segar kemudian cuci sampai bersih
- Rebuslah daun belimbing dalam air, sisakan hingga satu gelas air
-Minumlah hasil rebusan daun belimbing tadi secara teratur

5. Daun belimbing mampu mengobati sakit batuk
Konon kawasan di India merupakan daerah pelopor penggunaan daun belimbing dalam meredakan sakit batuk. Sakit batuk berkaitan dengan tenggorokan, apabila batuk maka dapat dipastian tenggorokan kita juga terkena dampaknya. Batuk yang berat bisa menyebabkan tenggorokan kita sakit sampai berdarah.
Esktrak etanol yang tekandung dalam daun belimbing mampu meredakan sakit batuk dan tenggorokan, caranya :
Rebuslah 20 lembar daun belimbing dengan lima gelas air
Sisakan hingga dua gelas air rebusan daun belimbing tadi
Minum pada pagi dan sore hari
Setelah batuk reda, maka hentikan pengobatan

Semoga artikel Sehat dengan Ramuan Daun Belimbing  ini bermanfaat juga buat yang lain. 

Tolong sebarkan, berbagi rasa itu indah.

Semoga menjadi pribadi yang bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: