Bikin Bangga!!! Anak SD Raih Penghargaan di Korea Karena Temuannya Ini....

anak sd bikin bangga indonesia di korea
anak sd bikin bangga indonesia di korea
Galaksi Berita - Kadang kita menggangap sebelah mata anak kecil. Dengan egoisnya kita mengatakan kamu tahu apa anak kecil. Jangan pernah memandang sebelah mata kemampuan seseorang hanya karena ukuran fisik atau usia semata.

Setiap individu memiliki ide dan pemikiran yang mungkin jauh lebih visioner dan juga bagus ketimbang mereka yang hanya bisa mengolok-olok dan meremehkan saja. Prestasi tidak bisa dinilai hanya karena faktor usia yang masih muda, justru yang harus kita lakukan adalah memberikan apresiasi dan kesempatan bagi mereka yang masih berusia muda untuk bisa mengembangkan kemampuan serta keahliannya di dalam suatu bidang. 

Berbiacara mengenai kemampuan dan hasil karya anak muda, maka Muhammad Zulfikar Avicenna menjadi salahsatu dari sekian banyak anak berusia belia yang mampu menunjukan kemampuannya di bidang ilmu pengetahuannya. Karya yang ia ciptakan mungkin terasa sederhana, namun di balik itu semua memiliki manfaat yang demikian kontekstual dengan kebutuhan orang-orang di kehidupan nyata secara umum. 

Murid kelas V B SD Semesta Bilingual Boarding School, asal Semarang, Jawa Tengah ini menemukan sebuah formula yang bisa membantu permasalahan kerusakan benda karena rayap. Seperti diketahui jika rayap merupakan sebuah binatang yang seringkali menjadi hama pengganggu dengan merusak sejumlah funiture seperti rak buku atau pintu yang terbuat dari kayu. Tentunya karya penemuan Cena ini terdengar sederhana, namun sebenarnya di balik itu justru itulah yang sebenarnya menjadi kebutuhan dari masyarakat secara umum.

Dibantu teman sekelasnya yaitu Muhammmad Baiata Farisi, Cena mememulai penelitiannya mengenai formula anti rayap ini setelah melihat kerusakan rak buku di perpustakaan sekolahya akibat dari gangguan rayap. Merasa risih karena ganguan rayap yang dirasanya sangat merugikan akhirnya timbulah ide untuk membuat sebuah formula anti rayap. 
Baca juga:

Dibantu Oleh Umarudin selaku guru pembimbing Cena dan Farisi kemudian meneliti sejumlah bahan yang kemudian bisa dijadikan dasar pembuatan formula tersebut. Pilihan akhirnya jatuh kepada buah Bintaro yang memang dikenal memiliki racun yang cukup kuat. Pembuatan formula tersebut terbilang sederhana, dasar pembuatan formula pun diambil dari pelajaran yang mereka terima dari buku sehari-hari di sekolah dan juga dari internet. 

Begitu membanggakannya adalah ketika secara tidak disangka formula tersebut mampu memenangkan medali perak dalam ajang World Creativity Festival 2015. Cena dan Farisi mengirimkan karyanya secara tidak senagaja setelah beberapa bulan sebelumnya karya mereka tersebut selesai, namun tidak disangka malah keluar sebagai salahsatu juara dalam ajang tersebut. Kedua anak tersebut atampil di hadapan para juri di Daejon, Korea dan menampilkan slide serta mempresentasikan karyanya tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris. Meskipun demikian memang sejak awal keberangkatan mereka sudah yakin bisa menang dan mendapatkan penghargaan dari ajang tersebut. 

Begitu mengagumkannya formula tersebut, sehingga dengan beberapa kali semprot saja rayap yang ada sudah mati. Prestasi yang didapat kedua nak tersebut sebenarnya merupakan kali keduanya siswa dari SD Semesta Bilingual Boarding School mendapatkan medali perak di ajang yang sama. Sebelumnya karya kulit durian yang dibuat untuk menjernihkan kembali minyak jelantah atau minyak kotor bekas pakai. Prestasi mereka juga tidak lepas dari dukungan pihak sekolah yang luar biasa besarnya. 

Mengagumkan sekali bukan apa yang telah ditemukan oleh anak-anak Indonesia yang masih berusia sangat muda ini? Tolong sebarkan untuk memotivasi anak lain mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.
SUmber:news.liputan6.com

Subscribe to receive free email updates: