Lakukan 10 Tips ini Agar Tubuh Anda Siap Hadapi Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan yang telah dinanti-nanti sebentar lagi akan tiba, sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk menyambutnya? Lalu kira-kira apa saja yang perlu kita persiapkan?
Ada dua hal yang wajib Anda persiapkan untuk menyambut kedatangan bulan yang penuh berkah ini.
Pertama, siapkan diri menghadapi ramadhan dengan meninggalkan segala hal dan prilaku tidak baik yang biasa dilakukan di bulan-bulan sebelumnya seperti berbohong, membicarakan orang lain, minum-minuman keras, mencuri dan lain sebagainya. Gunakan momentum ini untuk melakukan perbaikan diri supaya di Ramadhan kali ini Anda menjadi pribadi yang lebih baik.
Kedua, mempersiapkan tubuh agar dapat melakukan ibadah puasa dengan lancar tanpa ada masalah kesehatan. Salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan selama bulan Ramadhan adalah berpuasa. Puasa sendiri terbukti memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan.
Sayangnya, menahan lapar dan dahaga dalam waktu yang cukup lama tidaklah mudah apalagi jika belum terbiasa. Salah-salah kondisi tubuh Anda bisa menurun bahkan hingga jatuh sakit. Hal ini mungkin saja terjadi karena perubahan pola makan yang tiba-tiba dan tubuh belum siap menerimanya.
Oleh sebab itu diperlukan beberapa persiapan sebelum berpuasa tujuannya adalah untuk melatih tubuh agar tidak kaget dengan perubahan pola yang terjadi selama bulan Ramadhan. Berikut ini 10 tips yang perlu Anda lakukan supaya tubuh Anda siap hadapi puasa Ramadhan.

1. Mengurangi Rokok

Bagi mereka yang memiliki kebiasaan merokok tentu saja keharusan menghentikan kebiasaan merokok selama berpuasa menjadi cobaan yang paling berat saat berpuasa. Gejala yang biasa dialami saat seseorang berusaha menghentikan kebiasaan merokok diantaranya gelisah, mudah tersinggung dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Tentu saja gejala tersebut akan mengganggu kekhusyuan puasa Anda.
Oleh sebab itu cobalah untuk mengurangi jumlah konsumsi rokok harian Anda sedikit demi sedikit sebelum memasuki bulan Ramadhan untuk membiasakan tubuh supaya tidak terlalu terkejut dan tidak merasakan gejala ketagihan yang buruk saat mulai berpuasa. BACA SELENGKAPNYA

Subscribe to receive free email updates: